Ibu Hamil Wajib Memperhatikan Hal-Hal Ini Ketika Naik Kereta Api

Ibu Hamil Wajib Memperhatikan Hal-Hal Ini Ketika Naik Kereta Api

Hamil bukanlah halangan untuk pergi berwisata. Justru ibu hamil membutuhkan wisata yang menyenangkan agar suasana hati selalu baik dan rileks. Anda tak harus pergi ke tempat yang jauh untuk berlibur. Anda bisa memesan tiket kereta online untuk melakukan perjalanan wisata ke luar kota.

Mengurus akomodasi perjalanan liburan kini memang sangat praktis. Namun ada hal penting lainnya yang wajib Anda perhatikan, yaitu kondisi kesehatan Anda dan calon buah hati. Sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting ini sebelum menempuh perjalanan dengan kereta api:

  • Berkonsultasi dengan Dokter Terlebih Dahulu

Alangkah lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum menempuh perjalanan dengan kereta api. Sehingga dokter kandungan Anda bisa memberikan saran dan rekomendasi yang baik demi kesehatan Anda dan calon buah hati. Dokter juga bisa memberikan surat keterangan sehat bila Anda membutuhkannya. Anda pun akan mendapatkan resep vitamin dan sejumlah nasihat penting lainnya untuk mendukung kenyamanan perjalanan.

  • Menaati Peraturan yang Ditetapkan PT. KAI

KAI memiliki aturan khusus mengenai ibu hamil yang akan bepergian dengan kereta. Batas usia kandungan aman yang diperbolehkan adalah 14 minggu hingga 28 minggu. Selain itu, ibu hamil juga harus ditemani minimal 1 orang pendamping. Ibu hamil juga wajib membawa surat keterangan dari dokter yang berisi informasi usia kehamilan dan keterangan kondisi kesehatan. Dengan demikian, risiko kesehatan yang bisa mengganggu ibu hamil pun dapat diminimalkan.

  • Mendahulukan Penumpang Lain

Ketika naik atau turun dari kereta, sebaiknya Anda mendahulukan penumpang lain. Supaya Anda tidak perlu berdesakan dan kesulitan berjalan. Hal ini akan membuat Anda lebih leluasa. Setelah kondisi kereta sudah lebih sepi, barulah Anda bisa mulai berjalan pelan-pelan untuk mencapai tempat duduk atau turun dari kereta.

  • Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang nyaman ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Jadi, Anda harus menggunakan pakaian yang longgar dan membuat Anda leluasa bergerak selama hamil. Terutama saat Anda akan menempuh perjalanan jauh dengan kereta. Jangan sampai pakaian yang tak nyaman malah membuat Anda mudah kedinginan atau sulit bergerak.

  • Memilih Alas Kaki yang Tepat

Hampir sama seperti memilih pakaian, ibu hamil juga tak boleh sembaranga memilih alas kaki. Sebaiknya Anda menggunakan alas kaki tanpa hak dengan bagian bawah yang tidak licin. Sehingga Anda leluasa berjalan selama berada di kereta. Anda pun lebih mudah menjaga keseimbangan tubuh bila menggunakan alas kaki yang nyaman.

  • Menyiapkan Air Minum yang Jumlahnya Mencukupi

Asupan air sangat penting bagi ibu hamil dan calon bayinya. Oleh sebab itu, Anda wajib memastikan bahwa Anda memiliki persediaan air minum yang mencukupi. Anda juga bisa menikmati sari buah asli atau teh hangat sebagai variasi minuman saat berada di kereta api. Maka asupan air untuk tubuh Anda pun akan senantiasa tercukupi.

  • Membawa Camilan Bergizi yang Mengenyangkan

Selain persediaan air, camilan juga tak kalah penting bagi ibu hamil. Anda wajib menyiapkan camilan bergizi yang rendah lemak tetapi mengenyangkan. Banyak sekali jenis camilan yang bisa Anda bawa, misalnya aneka jenis buah potong, roti, biskuit gandum, dan kacang-kacangan. Camilan bergizi sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi seharian sekaligus meminimalkan rasa mual.

Terbukti kan kalau ibu hamil juga bisa menempuh perjalanan dengan kereta api secara nyaman. Mari menjalani kehamilan dengan menyenangkan. Nikmati perjalanan liburan Anda bersama pasangan atau anggota keluarga lainnya untuk menyempurnakan momen kehamilan Anda.

Share this post

Post Comment